Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Contact Address
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Konservasi Spesies

Because every species has its unique and irreplaceable roles within an ecosystem

Setiap spesies adalah bagian dari jaringan interaksi yang kompleks, dan hilangnya satu spesies dapat memiliki konsekuensi yang luas di seluruh ekosistem. Kepunahan suatu spesies dapat memicu serangkaian efek negatif, berdampak pada spesies lain dan dinamika ekosistem. Dengan melindungi spesies, kami membantu menjaga keseimbangan alam.

PENDEKATAN

Selama bertahun-tahun, konservasi melibatkan pekerjaan yang sangat sulit dan kompleks. Kami belajar bahwa untuk menyelamatkan spesies dan ekosistemnya, masalah harus ditangani dan diselesaikan secara holistik dan komprehensif untuk mencapai hasil yang lebih efektif. Oleh karena itu, kami percaya Satu Pendekatan Terencana adalah pendekatan terbaik untuk program konservasi spesies kami karena pendekatan ini diakui bahwa spesies dan ekosistem saling berhubungan, dan menangani kebutuhan konservasi mereka secara kolektif dapat menghasilkan hasil konservasi yang lebih baik.

INISIATIF KAMI

Awalnya, fasilitas penyelamatan kami merawat 19 ekor Kura-kura Bajuku yang disita dari perdagangan satwa peliharaan ilegal pada tahun 2003. Itu baru dimulai pada tahun 2018 ketika kami melakukan penghitungan ulang seluruh satwa yang menghuni tempat kami dan menemukan jumlah individu Kura-kura Bajuku yang sebenarnya adalah 40 ekor, artinya beberapa individu terdeteksi dapat berkembang biak!

Kami berpikir bahwa memulihkan populasi Kura-kura Bajuku sangat penting, terutama untuk membantu melindungi ekosistem air tawar.

Kura-kura Bajuku (Orlitia borneensis) tersebar di sepanjang Semenanjung Malaysia dan populasinya telah menghabiskan begitu banyak jangkauannya – baru-baru ini statusnya dinyatakan sebagai Sangat Terancam Punah oleh IUCN – dan setidaknya 80% populasi telah menurun selama 90 tahun terakhir! Perburuan dan hilangnya habitat adalah ancaman terbesar bagi spesies ini.

Mempertimbangkan keahlian kami di bidang ex-situ, juga sejalan dengan prioritas tindakan konservasi untuk spesies ini, kami yakin membangun koloni jaminan melalui pemuliaan konservasi diakui sebagai langkah konservasi pertama yang penting dalam memulihkan populasi Kura-kura Bajuku di alam liar.

PROGRAM TERBARU

Menyelamatkan Kura-Kura Bajuku dari Ambang Kepunahan, Fase I: membangun koloni jaminan yang sehat dan layak secara genetik

Saat ini kami mengelola populasi produktif Kura-kura Bajuku bersama mitra kami: Kebun Binatang GembiraLoka, Yayasan Konklusi, dan juga Yayasan Herpetofauna Indonesia. Kami berterima kasih atas dukungan dari IUCN ASAP untuk memulai ini.
Dengan menjalankan program ini, kami juga bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang spesies ini sebanyak mungkin untuk membantu upaya konservasinya.
Karena rencana relokasi, kami terpaksa memindahkan dan mengelola populasi saat ini ke kebun binatang.
Ke depan kami ingin membangun rumah untuk populasi ini di lokasi baru sambil terus mengembangkan program ke tahap berikutnya.

Tojeiro volunteered at WRC in 2018 and instantly fell in love. He decided to leave his job in the Netherlands to work alongside our keepers, managing projects and making sure all the animals get the best care possible. During the relocation period, Tojeiro studied animal health management to increase his capacity in the field of animal welfare.